jenis tanaman aquascape


Pengen bikin aquascape tapi modal minim? Atau pengen bikin aquascape dengan kearifan lokal? Alias menggunakan tanaman yang ada di sekitar?

Hmm, gak masalah, kalian menemukan artikel yang sangat tepat, pada kesempatan kali ini gw mau berbagi pengalaman tentang jenis tanaman aquascape yang bisa ditemukan disekitar. Bagusnya lagi, artikel ini bakal gw update terus seiring penemuan dari eksperimen gw tentang tanaman yang bisa dibikin aquascape.

Sebelum masuk ke pembahasannya, gw kasih tau dulu nih buat yang belum tau apa itu aquascape.

Singkatnya, Aquascape merupakan seni mengatur tanaman air, batu, karang, dan sejenisnya di dalam air supaya lebih terlihat atristik dan eye catching. Oh iya, yang membuat aquascape menjadi sangat menarik adalah tanamannya hidup!

Iya, bener bangat, tanaman yang ada di akuarium/didalam air tersebut hidup dan tumbuh, jadi bukan tanaman sintetis ya!

Tapi inget, nggak semua tanaman bisa dibikin aquascape tapi nggak harus juga kamu nyarinya di dalam danau atau sungai buat dapetin tanaman air.

Nah, biar gak salah-salah dan banyak coba-coba, berikut ini gw share sedikit pengetahuan tanaman yang bisa didapat disekitar dan pastinya gak butuh perawatan khusus buat dijadiin aquascape.

Jenis Jenis Tanaman Aquascape Pemula:

1. Java Moss / Lumut

Java Moss / Lumut

Buat yang tinggal di desa pasti gak asing kan sama tanaman ini? Bener banget ini sejenis lumut yang sering di jumpai pas musim ujan. Tanaman satu ini adalah jenis yang paling umum di dunia aquascape. Pasalnya, java moss adalah tanaman tangguh yang tidak mudah mati.

Java moss bisa tumbuh ideal di air bersuhu 21-24 derajat Celsius dan tidak memerlukan cara khusus untuk menumbuhkannya di dalam air.

2. Hygrophila Difformis

Hygrophila Difformis

Berikutnya ada Hygrophila Difformis atau yang dikenal juga dengan sebutan water wisteria, tanaman ini bisa tumbuh dalam suhu 23-28 derajat Celsius.

Tanaman ini bisa tumbuh di dalam air tanpa perlu bantuan CO2 dan cukup dengan pencahayaan yang sedang saja.

3. Amazon Sword

Amazon Sword

Sesuai nama yang disandangnya, bentuk daun tanaman ini memang terlihat seperti pedang.

Tanaman aquascape ini bisa hidup di suhu 22-28 derajat Celsius dengan bantuan pencahayaan yang moderat alias harus ada pencahayaan yang cukup terang.

Biasanya, tanaman ini diletakan di bagian paling belakang dalam seni aquascape karena daunnya yang lebar.

4. Lilaeopsis

Lilaeopsis

Tanaman Lilaeopsis sering kali dijadikan alas dalam konsep aquascape karena penampilannya yang terlihat seperti materas.

Tanaman yang memiliki pertumbuhan yang cukup pesat ini, bisa tumbuh hingga 5 cm dalam beberapa minggu saja, sehingga kalian harus sering melakukan pemangkasan supaya ikan tidak “terjajah” oleh tanaman yang satu ini.

5. Anubias Nana

Anubias Nana

Tanaman yang sering dijumpai di tepi sungi ini ternyata juga bisa lho ditanem di dalam air.

Mampu tumbuh hingga 15cm, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dalam tempetarur air 22-28 derajat Celsius.

6. African Water Fern

African Water Fern

Meskipun perawatannya mudah, African water fern merupakan tanaman aquascape yang sangat membutuhkan pencahayaan moderat alias tinggi supaya tidak cepat mati

Oh iya, karena ukurannya yang cukup besar, tanaman ini hanya cocok untuk akurium yang berukuran besar.

7. Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears

Kalo ini sih sebenarnya susah kalo dicari disekitar, pasalnya tanaman ini asli berasal dari Kuba.

Sama seperti lilaeopsis, dwarf baby tears cocok digunakan sebagai karpet atau foreground.

Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus, hanya saja pastikan untuk memberi pencahayaan tinggi karena, jika tidak, tanaman ini akan tumbuh ke atas untuk mencarinya.

8. Java Fern

Java Fern

Java fern merupakan tanaman asal Asia Tenggara yang juga dalam perawatannya tidak memerlukan jenis subtrat khusus, pupuk, atauh bahkan tambahan CO2.

Tanaman ini sangat mudah beradaptasi sehingga gak butuh waktu lama, tanaman ini akan cepat tumbuh dan lebat dalam aquariummu.

9. Ludwigia Repens

Ludwigia Repens

Ludwigia Repens atau dikenal juga sebagai creeping primrose-willow adalah tanaman yang berasal dari wilayah Amerika.

Batang dari tanaman ini bisa merayap hingga 30 cm dan daunnya yang berukurang 4-5 cm tersusun saling berlawanan.

Itulah daftar tanaman aquascape yang bisa kalian temukan di sekitar, baik itu di kebun, hutan atau tepi sungai.

Memang sebagian ada referensi yang gw ambil dari luar negeri buat nambah pengetahuan kalian. Namun yang bisa kalian dapatkan di sekitar nggak kalah beragam dan bagus kok.

Post a Comment

Link Banner