Cara Hard Reset semua Smartphone VIVO Paling Ampuh!

VIVO merupakan smartphone yang namanya cukup dikenal di pasar Indonesia. Meskipun smartphone ini merupakan produk dari Cina seperti Oppo ataupun Xiaomi, faktanya inovasi-inovasi yang mereka berikan mampu membius pengguna untuk loyal dan betah menggunakan smartphone ini. Bahkan, penjualan smartphone VIVO di Indonesia jaul lebih unggil dari ponsel asal Korea "Samsung".

Ya! Brand Smartphone Android satu ini memang telah lama Exist secara resmi ditanah air, dengan promosi yang gencar mereka lakukan, saat ini Smartphone Android Vivo sudah bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan Global. Karena Smartphone buatan Vivo tersebut memang sangat cocok untuk kebutuhan banyak orang, seperti untuk masalah Photography dan Gaming, tentu saja Smatphone Android Vivo adalah satu yang terbaik dikelasnya.

Berlanjut ke urusan Teknologi, tentu saja Inovasi yang diberikan oleh OEM Vivo juga tidak main-main, karena mereka telah menjadi Pionir dalam Teknologi Fingerprint in Display (Fingerprint dibawah layar).

Tentu, dengan prestasi tersebut Smartphone Android Vivo tidak bisa kita remehkan sekarang ini, terlebih kemampuan Fingerprint in display racikan pihak Vivo ini masih menjadi yang tercepat sekarang ini.

Dengan beragam hal diatas, maka wajar jika Brand Smartphone Android Vivo masuk kedalam daftar Top 5 Best Selling Android Smartphone ditanah air.

Meskipun VIVO bisa dikatakan sebagai salah satu ponsel Android terbaik, namun tetap saja ada satu kelemahan system operasi Android yang pasti akan dialami semua user Android yaitu akan mengalami penurunan kinerja ketika ruang penyimpanan mulai penuh.

Ini merupakan masalah umum smartphone Android dimana ukuran dari suatu aplikasi akan terus bertambah seiring waktu karena adanya update aplikasi atau download data yang tak kita sadari. Kalau sudah begini, maka hard reset merupakan solusi yang tepat untuk membuat smartphone kita fresh seperti baru kembali.

Sebenarnya, hampir semua smartphone Android memiliki metode yang sama untuk melakukan reset, hanya saja terkadang letak dan namanya beda antar smartphone sehingga yang masih awam terkadang suka bingung dengan hal ini.

Nah, sesuai judul artikelnya pada kesempatan kali ini, gw mau share Cara Hard Reset semua Smartphone VIVO yang paling ampuh dan sudah di Uji!

Cara Hard Reset VIVO lewat Pengaturan (Tanpa Root)

Untuk yang pertama, kita kita bisa melakukan Hard Reset smartphone Vivo melalui fitur yang ada di pengaturan. Caranya :
  1. Buka Aplikasi Settings.
  2. Cari Menu More Settings.
  3. Lalu, pilih Menu Backup & Restore.
  4. Disini kalian bisa melihat beberapa opsi untuk Hard Reset. Silahkan sesuaikan dengan apa yang ingin kalian lakukan.
  5. Jika hanya untuk melakukan Reset Setting, pilih Reset All Settings saja.
  6. Jika, ingin Hard Reset yang Full silahkan pilih Opsi Erase All Data, dan klik Clear now.
  7. Setelahnya, silahkan tunggu hingga proses Hard Reset selesai.
  8. Done!

Catatan : Centang Format Phone Storage jika ingin memformat semua file di memori internal seperti foto, video, musik dll. Jika tidak maka jangan di centang, ntar lu nyesel lagi :v

Cara Hard Reset VIVO lewat Mode Recovery (Advance tapi Tanpa Root)

Untuk cara yang kedua ini bisa dikatakan cara yang cukup advance. Cara ini bisa dibilang paling cocok buat pengatasi smartphone Vivo yang ngeblank, crash atau bootloop ringan akibat memori penuh atau ada virusnya. Untuk caranya :
  1. Matikan smartphone Vivo (shutdown)
  2. Dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol volume up (+) dan tombol power secara bersamaan sampai ponsel menyala.
  3. Setelah smartphone Vivo masuk ke mode fastboot, akan ada 2 opsi untuk melakukan reboot atau masuk ke mode recovery.
  4. Gunakan tombol volume up (+) untuk arah atas, volume down (-) untuk arah bawah dan tombol power untuk memilih/melakukan action.
  5. Pilih yang mode recovery/recovery mode.
  6. Setelah masuk ke mode recovery pilih yang clear data.
  7. Lagi, kita akan diberi 2 pilihan yaitu clear cache atau clear data.
  8. Pilih Clear cache untuk mengembalikan pengaturan seperti semua (tanpa menghapus data/memory internal) atau pilih Clear all data untuk melakukan format menyeluruh termasuk bagian datanya (memory internal aman)
  9. Jika sudah, silahkan konfimasi tindakan tersebut dengan memasukan Password Pola.
  10. Setelahnya, proses Hard Reset akan berlangsung dengan sangat singkat.
  11. Jika, sudah silahkan lakukan Reboot / Restart dengan opsi yang sudah disediakan pada Tool Recovery Vivo tersebut.
  12. Booting pertama setelah Hard Reset akan cukup lama.
  13. Done!

Oh, mungkin ada yang masih bingung perbedaan format data dan format internal.

Format data : berarti menghapus semua data aplikasi yang terinstall. Ini tidak akan menghapus file media yang ada di memory internal sepeti foto, lagu, video dan lain sebagainya.

Format internal : kalo yang ini berarti memformat/menghapus semua file yang ada di penyimpanan internal termasuk foto, lagu, video, termasuk aplikasi yang terinstall pihak ke-3 di smartphone.

Kedua metode diatas sangat aman dan tidak akan menimbulakan bootloop smartphone VIVO karena 2 metode diatas bisa dikatakan metode umum dalam melakukan formating.

Lain cerita kalau kalian sudah advance dan menggunakan custom recovery, maka kalian harus lebih faham lagi tentang varian metode format biar egga bootloop.

Baiklah, sekian pembahasan mengenai Cara Hard Reset Semua Smartphone VIVO paling ampuh ini. Jan sungkan untuk share artikel ini jika dirasa bermanfaat!

Post a Comment

Link Banner