Apa itu SEO, REO, TEO, JEO atau CROT?

Bagi kalian yang tengah belajar ngeblog khususnya yang join di grup facebook blogger mungkin sering menemukan istilah-istilah diatas seperti SEO, REO, TEO, JEO atau bahkan yang terbaru CROT?

Kalau yang SEO mungkin udah engga asing ya, SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization yang memiliki definisi sebagai metode untuk mengoptimasi/meningkatkan web/blog ataupun artikel supaya bisa muncul di halaman pertama pencarian search engine (ex: Google, Bing, Duckduckgo ataupun Yahoo) dengan kata kunci yang sesuai.

Contoh misal, ketika seseorang mengetik "Cara Memulai Blog Menggunakan Smartphone" maka, jika kalian memiliki artikel dengan judul tersebut dan kebetulan blog yang membahas artikel tersebut bukan kalian saja, maka dengan pengetahuan SEO, artikel kalian memiliki kesempatan yang besar untuk muncul di halaman pertama dan mendapat banyak pengunjung.

Lain cerita ketika kalian asal-asalan membuat blog, tak pernah melakukan optimasi, tak tahu bagaimana membuat artikel yang SEO friendly maka kemungkinan besar artikel kalian hanya akan muncul di halaman ke sekian mesin pencarian sehingga memiliki sedikit pengungjung. Kalian tau lah, kita sebagai pengguna mesin pencarian juga malas kan untuk melihat jawaban di page-page berikutnya?

Nah kurang lebih seperti itu definisi tentang SEO, untuk cara membuat blog ataupun artikel yang SEO Friendly akan gw bahan di artikel berikutnya aja ya.

Apa itu SEO, REO, TEO, JEO atau CROT?

Itu baru SEO, terus apa bang definisi tentang REO, TEO, JEO atau CROT?

Ini nih yang menarik, REO, TEO, JEO atau CROT sebenarnya engga pernah ada. Gw ingetin lagi ENGGA PERNAH ADA!

Kalo ada yang ngomong teknik REO, TEO, JEO atau CROT bisa mendatangkan banyak visitor dibanding teknik SEO itu sebenarnya hoax, cuma buat lucu-lucuan aja. Sayang, buat orang yang baru ngerti dunia blog sering kali merasa sangat penasaran dengan hal tersebut karena ada embel-embel "mendatangkan banyak visitor".

Di forum blogger internasional engga ada yang bahas tentang kayak ginian. Cuma orang Indonesia saja yang sering kurang kerjaan dan membuat isu baru yang sebenarnya engga ada dasarnya dan engga penting hehe.

Terus gimana cara mendapatkan banyak pengunjung pada blog?

Sebnarnya ini mau gw bahas secara lengkap di artikel lain karena pembahasannya akan sangat kompleks terutama buat yang pengetahuan tentang dunia ngeblognya masih sangat awam, tapi gw kasih garis besarnya dulu.
  1. Share di sosial media.
  2. Membuat artikel yang minim pesaing (low competitor).
  3. Membuat artikel yang lebih lengkap dari pesaing.
  4. Menanam backlink.

Kalau kalian mau googling sebenarnya sudah banyak kok yang bahas 4 poin yang gw sebutin di atas, namun dari yang gw amati beberapa menggunakan bahasa yang terlalu advance sehingga buat yang masih pemula terkadang akan menemukan kebuntuan yang akhirnya malah jadi malas buat belajar.

Baiklah kurang lebih seperti itu definisi tentang SEO, REO, TEO, JEO atau CROT. Harapan gw setelah kalian membaca artikel ini kalian jadi waras dan gausah lagi deh nyari-nyari apa itu REO, TEO, JEO atau CROT yang pastinya engga ada dan konyol 🤣

Post a Comment

Link Banner