Ini Yang Harus Dilakukan Jika Badai Pembatasan Iklan Adsense Terjadi!

Sejak pertengahan Agustus lalu, nampaknya badai pembatasan iklan kembali terjadi. Banyak blogger yang mengeluhkan pihak Google Adsense yang secara sepihak memberikan sanksi pembatasan jumlah iklan yang di tayangkan dalam blog sehingga berpengaruh pada pendapatan.

Badai pembatasan iklan sebenarnya bukan kali ini terjadi. Pada akhir tahun 2019 lalu juga sempat heboh seperti ini, dan dulu saya merupakan salah satu korbannya, mana baru resign dari kerjaan lagi :v

Well, Sejatinya pembatasan iklan adsense bukanlah akhir dari segalanya, ini masih bisa diperbaiki tanpa perlu kita memulainya dari awal lagi. Menurut saya malah adsense sekarang nggak se jahat dahulu, yang main tebas/baned kalau ketahuan melakukan kecurangan.

Lantas apa sih penyebab pembatasan iklan adsense?

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya pembatasan iklan adsense. Dan hal ini seharusnya bisa kalian terka sendiri kenapa adsensenya bisa terkena pembatasan iklan. Kalau dulu punya saya ada 2 hal yang menurut saja menjadi biang keladinya yaitu :
  • Blog Safelink (Buatan Sendiri)
  • Bomklik orang ini.
Ya, dulu saya pemain blog safelink yang mana blog safeliknya pake template abal-abal dan pasaran wkwkwk, ditambah ada orang yang iri dengan blog saya sehingga main jingling dan bom klik seenak jidat, alhasil blog saya kena pembatasan iklan. Untung engga kebaned ye kan!

Bang tapi gw gak main safelink atau ada bom klik?

Kalau benar begitu, berarti ada faktor lain yang bikin blog kalian kena pembatasan iklan. Coba difikir-fikir lagi, apakah kalian:
  1. Membuat floating image supaya pengunjung gak sengaja ngeklik iklannya?
  2. Sengaja melakukan klik iklan meskipun itu cuma 1 kali?
  3. Nyuruh pengunjung/teman buat klik iklan diblog?
  4. Kena Jingling?
  5. Main safe link?
  6. Suka Pamer earing? :v
Dari yang saya amati kebanyakan kasus pembatasan iklan disebabkan setelah megalami invalid trafic alias kena jingling atau bomklik. Namun ada juga kok yang nggak merasa kena jingling tapi kena pembatasan bisa jadi ya karena 6 poin diatas. Terutama yang nomor 6, inget bro doa jelek newbie yang tersakit karena iri lihat eraning kalian bisa saja di amini oleh para malaikat :v

Kalau udah terlanjur kena pembatasan gimana bang?

Sepengalaman saya, entah ini cara yang terbaik atau bukan, saya copot semua iklan di blog saya dan menghapus keterkaitan dengan adsense dengan blognya. kalau punya blog safelink mending dihapus saja, apalagi pake templatenya yang abal-abal. Kalau mau yang premium ada di blog saya, ambil saja gratis :*, tapi tetep nggak ngejain mabak awet tahan lama ya.

Ini Yang Harus Dilakukan Jika Badai Pembatasan Iklan Adsense Terjadi!

Kalau sudah dihapus dari keterikatan adsense, tunggu 2-3 hari lalu ajukan lagi ke adsense dan berharap bisa langsung diterima dalam sekali pengajuan. Nantinya blog kita akan direview ulang dan jika diterima adsense kembali dalam hitungan hari notif pembatasan iklan tersebut akan hilang dan blog bisa kembali menghasilkan seperti sedia kala. Yay!

Oh iya, ada mitos mengatakan blog yang sudah pernah didaftarkan adsense lalu dibatalkan dan di daftarkan lagi bakalan susah di aprove. Tapi menurut saya itu tidak benar, memang sih punya saya dulu waktu pengajuan ulang gak langsung diterima soalnya tampilan blog saya sudah banyak berubah sejak pertama kali diterima adsense. Namun pesan saya jangan percaya mitos tersebut, yakinlah kalau blog kita bagus, ada traficnya gak butuh waktu lama buat di aprove adsense.

Hampir lupa, nantinya sambil menunggu diaprove ulang sama pihak adsense usahakan tetap update seperti biasa supaya blog tetap terlihat aktif di mata google.

Baiklah, saya rasa penjelasan diatas sudah bisa menjawab 2 hal yang pastinya sedang dialami banyak blogger diluar sana yakni penyebab dan solusi pembatasan iklan adsense.

Ingat gank, badai pasti berlalu, dan akan selalu ada pelangi yang muncul ketika badai telah reda, ceilah sok puitis :D

Post a Comment

Link Banner