Apa it Efek Barnum dalam Psikologi?

Kalian pasti pernah kan membaca ramalan zodiak atau mencocokan kepribadian dengan golongan darah? dan kalian merasa kalau deskripsi yang diberikan dalam ramalan tersebut cocok dengan kita?

Didalam ruang lingkup psikologi, peristiwa tersebut dinamai dengan Barnum Efect atau Efek Barnum

Efek barnum merupakan suatu fenomena psikologis ketika seseorang menganggap deskripsi tentang diri mereka akurat dan seolah dibuat khusus untuk mereka, padahal deskripsi tersebut sangat umum dan bisa diterapkan kepada siapa saja.

Hal ini membuat kita merasa cocok dengan deskripsi yang diberikan oleh ramalan zodiak atau kepribadian golongan darah, sehingga kita merasa spesial serta berbeda dengan orang lain, seolah hanya kita yang memiliki kepribadian seperti itu. Padahal, deskripsi tersebut sangat umum dan bisa dialami oleh jutaan bahkan ratusan juta manusia di muka bumi ini. So, you're not special brou 😝

Efek Barnum ini bekerja paling baik untuk deskripsi hal - hal yang bersifat positif. Seseorang biasanya cenderung tidak percaya bahkan tidak setuju ketika suatu deskripsi dari hasil tes atau ramalan menunjukkan pernyataan negatif, misalnya "Saya biasanya akan menyakiti orang yang melakukan hal-hal yang tidak saya suka". Oleh karena itu, deskripsi yang diberikan biasanya lebih banyak berisi pernyataan-pernyataan yang positif. (Pintar kan yang bikin deskripsi ramalan 😂)

Mengapa seseorang bisa merasa cocok dengan ramalan tersebut?

Ya seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwasanya apa yang tertulis di deskripsi ramalan zodiak atau sifat pada golongan darah merupakan hal-hal yang umun yang mungkin semua orang mengalaminya, dan lagi-lagi you'r not special 😜. Akan tetapi, biasanya orang - orang yang mudah terkena efek barnum adalah karena faktor kepribadian, seperti locus of control, neuroticism, serta kebutuhan untuk diakui orang lain.

Bukan berarti saya mengatakan bahwa hasil tes-tes kepribadian populer, horoskop, golongan darah, dan sejenisnya 100% tidak benar. Kita di sini hanya membahas fenomena Efek Barnum saja, bahwa seringkali kita merasa spesial dan berbeda dengan orang lain karena menurut deskripsi hasil tes yang diberikan, sebagian besar kita merasa akurat dan cocok dengan deskripsi tersebut.

Sebenarnya Efek Barnum ini pernah dirasakan oleh sebagian besar orang, termasuk saya. Ini umum terjadi dan tidak masalah juga selama Efek Barnum ini tidak mempengaruhi kehidupan secara ekstrem, misalnya seseorang sangat mempercayai 100% ramalan zodiaknya sesuai dengan keadaan dirinya saat itu sehingga dia pun merasa harus ikut bertindak kaku sesuai deskripsi zodiaknya, padahal sebenarnya dia bukan orang yang seperti itu.

Post a Comment

Link Banner